CANTIK JELITA DAN SIFATNYA

Suatu hari, Rasulullah saw, ditanya oleh Ummu Salamah r.a, “Wahai Rasulullah, manakah yang lebih utama, perempuan dunia ataukah bidadari yang cantik jelita?”

Beliau menjawab, “Perempuan-perempuan dunia lebih utama dari pada bidadari yang bermata jeli, seperti lebih utamanya sesuatu yang tampak dari pada apa yang tidak tampak.”

Kemudian Ummu Salamah bertanya lagi, “Karena apa perempuan di dunia itu lebih utama dari pada mereka?”

Rasul menjawab, “Karena shalat mereka, puasa dan ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan mahkota cahaya di wajah mereka, dan memakaikan kain sutra di tubuh mereka. Kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kekuning-kuningan, sanggulnya mutiara dan sisirnya terbuat dari emas. Mereka berkata, ‘Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali. Kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali. Kami ridha dan tidak pernah marah sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya.”

Lalu Ummu Salamah bertanya lagi, “Wahai Rasulullah, salah seorang perempuan di antara kami pernah menikah dengan dua, tiga atau empat laki-laki lalu meninggal dunia. Perempuan itu masuk surga, begitu pula dengan para suaminya masuk surga pula. Lalu, siapakah di antara laki-laki itu yang akan menjadi suaminya nanti di surga?”

Beliau manjawab, “Wahai Ummu Salamah, perempuan itu disuruh memilih, siapa diantara mereka yang akhlaknya paling baik, lalu perempuan iut berkata, ‘Wahai Rabb-ku, sesungguhnya lelaki inilah yang paling baik akhlaknya tatkala hidup bersamaku di dunia. Maka nikahkanlah aku dengannya. ‘Wahai Ummu Salamah, akhlak yang baik itu akan pergi membawa dua kebaikan: dunia dan akhirat.

Kewajiban Seorang Muslilmah kepada Rabb-nya.

Ada 8 kewajiban yaitu:

1. Beramal dengan rukun Islam.

2. Menyerahkan segala urusan hanya kepada Allah.

3. Ikhlas.

4. Sabar.

5. Selalu merasa di awasi oleh Allah.

6. Mendekatkan diri dengan amalan tambahan (sunah).

7. Percaya kepada Allah.

8. Memeperbaharui Taubah dan Istigfar.

RENUNGAN

Wahai Saudariku………

Ketika kamu kembali kerumah dan merebahkan diri di atas tempat tidur, coba luangkan waktu sejenak untuk menggambarkan rupa perempuan salehah yang menawan, yang jauh dari kemaksiatan. Kemudian, bandingkan perempuan tersebut dengan perempuan lain yang berakhlak buruk dan selalu melakukan hal-hal yang diharamkan agama. Demi Allah…….pikirkan, permpuan manakah yang hidupnya lebih tenang dan lebih mantap? Manakah yang lebih utama mendapatkan pujian dan sanjungan?

Apakah perempuan yang bisa mengatasi hawa nafsunya dan mampu mengendalikan keinginannya, meskipun gejolak syahwat yang tiada henti mendera dirinya; ataukah perempuan yang tidak mempu bertahan menghadapi godaan-godaan nafsu dan keinginan dirinya? Inilah pertanyaan yang muncul dengan sendirinya dan karena fakta yang ada. Mengapa perempuan ini menuai kesuksesan, sedangkan yang itu tidak?

Wahai Saudariku…….

Sesungguhnya, hal itu merupakan rekayasa terhadap jilbab dengan tujuan agar kalian tidak mengenakan jilbab dan kepala kalian terbuka. Aku tidak perlu memberikan fatwa-fatwa kepada kalian seputar apa yang menimpa kaum perempuan sekarang. Akan tetapi, wahai saudariku……..perempuan mukminah yang sebenarnya adalah yang takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya. Dalam hal ini Rasulullah bersabda,

“Tinggalkan sesuatu yang meragukan bagimu kepada apa yang tidak meragukanmu.”

Hadis di atas menjelaskan bahwa berpaling dari hukum-hukum Allah tidak akan mendatangkan manfaat apa-apa, kelak di hari Kiamat. Saat itu, kalian akan berjumpa denan Allah yang Maha Mengetahui apa yang tersimpan dan tersembunyi di dalam dada.

6 Komentar »

  1. atenoey said

    waduh……….. artikelnya itu mah w banget he….he….., good articel,

  2. alfauzh said

    yupz,,it is a good article,,,,

  3. aris said

    ehm…pengen nyari istri kaya gitu sekarang..

  4. resca said

    it’s me…….

  5. syarifah said

    duh, jd inget ma Nia.
    chow, tuh renungan liat dari bukunya Nia bukan?

  6. […] CANTIK JELITA DAN SIFATNYA […]

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: