6 Cara agar hidup lebih tenang dan damai

flower of live

flower of live

Kalo kamu Senantiasa dirundung ceman, sters, atau tertekan ? coba ikuti langkah-langkah berikut ini !!!! Insya Allah Hidup Kamu akan terasa lebih indah, tenang dan menyenangkan.

Dalam hidup ini, terdapat banyak hal yang dapat membuat kita merasa tertekan, panik atau stress, misalnya karena tugas sekolah menumpuk teman tak bersahabat, konflik dengan keluarga, dan lain-lain. “Hidup ini bagaikan berlian. Adapun warnanya, tertantung dari mana orang melihatnya”, begitu kata orang bijak. Ucapan itu memang benar. Dalam hidup ini ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengubah kecemasan menjadi ketenangan dan kedamaian. Berikut ini kiat-kiat’y………


1.    Perbaiki persepsi tentang diri sendiri.
Sebaiknya, kamu berhati-hati dalam menilai diri sendiri. Mengapa? Karena diri kita terbentuk dari apa yang kita pikirkan. Ibarat sebuah kebun, pikiran yang baik akan menghsilkan buah yang baik. Sebaliknya, pikiran yang buruk akan menghasilkan buah yang buruk pula. Ulas kembali pikiran Kamu. Pusatkan pikiran pada harapan dan keberhasilan. Bukan pada keputusasaan dan kekelahan. Tak jarang perubahan dalam cara berpikir dan memandang suatu masalah dapat menjadi jalan menuju ketentraman jiwa.

2.    Membantu orang yang membutuhkan
Beberapa penelitian menunjukan bahwa mereka yang meluangkan waktunya untk membantu oran glain ternyata lebih bahagia dan tenang jiwanya. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di Michigan, Amerika Serikat membuktikan bahwa mereka yang aktif dalam kegiatan amal dan berorganisasi di luar rumah lebih panjang umur dan sehat dari pada yang lebih senang berdiam diri. Menurut para Ahli, hal itu disebabkan oleh karena tubuh mereka yang senang menolong itu memproduksi helper’s high, yang sejenis senyawa kimia otak yang berfungsi meningkatkan Mood.

3.    Berjalan kaki
Salah satu cara tercepat untuk mengubah perasaan stress menjadi tenang adalah dengan berjalan kaki. Sebuah penelitian yang dilakukan di California State University, Amerika Serikat, membuktikan bahwa jalan kaki selama 10 menit dapat membangkitkan mood lebih cepat dan tahan lama dari pada makan permen. Memang rasa manis dari permen dapat menimbulkan semangat, tatapi biasanya seperempat jam kemudian Anda akan merasa lebih lelah. Sebaliknya, dengan berjalan kaki semangat dan energi yang muncul dapat bertahan lebih lama. Oleh karena itu, jika suatu saat pikiran sedang mumet atau semangat tengah menurun, segeralah langkahkan kaki mu. Kemudian, berjalan selama 10 menit.

4.    Mendengarkan musik
Di Abat 18, seorang penulis terkenal asal Jerman Paul Friedrich Richer, pernah menyebutkan; “Dalam kehidupan manusia, musik itu ibarat bulan purnama di kegelapan malam”. Ternyata, kini para ahli telah membuktikan kebenarannya. Musik memang mampu menenangkan saraf yang menegang. Bahkan menurut beberapa ahli penyakit jantung di Amerika Serikat, mendengarkan musik selama seperempat jam dapat menghasilkan pengaruh yang sama dengan pemakaian 10 mg obat penenang valium. Penelitian lain menunjukkan bahwa musik juga dapat menurunkan tekanan darah, metabolisme dasar, serta tingkat respons psikogis terhadap stress. Oleh karena itu jika ingin menciptakan perasaan damai dan tenang, carilah salah satu musik yang paling disukai. Nyalakan dan dengarkan musik itu di hari-hari yang penuh dengan stress. Kamu akan merasa lebih santai dan tenang.

5.    Tertawalah
“Humor adalah lawan utama dari tiga bentuk emosi negative, yaitu kemarahan, katakutan dan depresi”, kata W.F Frya. MD, Ahli psikiatri dari Stanford University Medical School, Amerika Serikat. Mengapa? Karena humor mampu membuat kita tertawa. Ada kalanya dengan tertawa, kita menjadi lebih kuat dalam mengatasi suatu masalah.

6.    Hargai keindahan dan kecantikan
Salah satu cara efektif untuk mengimbangi berbagai emosi negative dalam hidup kita (seperti rasa takut, marah, frustasi, dan sebagainya) adalah dengan mengapresiasi atau menghargai keindahan dan kecantikan. Misalnya, reaksi, mendengarkan konser musik. Yang tak kalah pentingnya adalah menikmati keindahan alam, sebab pada lingkungan alam inilah terkandung kecantikan yang paling mendasar. Jika  ingin alam bebas merupakan tempat terbaik untuk memulainya. Berjalan kaki di taman, di lapangan terbuka, bahkan di tepi jalan dekat rumah kamu pun dapat mengakibatkan rasa damai dan aman.

KEEP UR SMILE

41 Komentar »

  1. ghozin16 berkata

    Supaya tenang mah gampang chow
    makan enak+kenyang uang banyak :(

  2. mammyqu berkata

    makan enak, kenyang, n uang banyak tapi stress gimana ??????
    tetep aja kaga tenang

  3. Elinglah berkata

    Supaya tenang hati harus iklhas , berserah diri dan meyakini hidup kita sudah diatur , hari ini cuma makan tempe iklhas ..cm puya dwt ceban iklas gt aja gampang

  4. mammyqu berkata

    thax

  5. aris nurjaman berkata

    boleh juga tipsnya… trus kalo banyak duit bisa bikin tenang ga?

  6. siraj berkata

    Alhamdulillah, ok banget tipsnya manfaat jg wat q

  7. Aa Brow Berkata berkata

    Cara Gampang Untuk Jiwa mencari ketengan Adalah Dengan meninggalkan SEgala hal Tentang Dunia Dunia, Dengan lebih mendekatkan Diri Hanya kepada ALlah SWT

    • arigato berkata

      tapi kita xblh terus tinggalkan yang dunia dan tumpu pd akhirat je..kene seimbang bru la betul..tapi kat dunia ni, jiwa jadi xtanang bkn sebab ape,cuma pasal hal yang kecil2.iri hati, tekanan, n mcm2

  8. Aku berkata

    thank you

  9. boe yu ang berkata

    Ok deh, dicoba.

  10. chow berkata

    ok deh di coba, nanti kasih tau hasilnya yaaaaaaaaaa

  11. jati berkata

    leh jg lah neh tips , tp gwe maseh agak bingung , mungkin salah satu faktor yg bikin kita mumet jg ngejomblo kali ye soalnya suer jd pikiran jg klo ngeliat org laen dah pada punya , padahal tampangnye jlk bgt gile!

  12. qt sbg manusia patut u/ sll melakukan suatu uzha agar apa yg qt mw dpt trcapai. aslkan smw uzha tsb dlm restuw TYME

  13. chow berkata

    yes
    u were right
    thazx for u’r comment

  14. dho berkata

    trima kasih tips nya..
    saya lagi stres ni..hehe..

    yang nomer 2 dah saya buktikan..
    n bener2 ampuh tips nya..

    yuk budayakan tolong menolong..

  15. rina ristanti berkata

    semuanya memang harus dari hati kebanyakan teori juga bikin puusing ikhlas kayaknya kata yang paling cocok

  16. chow berkata

    iya intinya juga kita harus iklas, dalam menjalani semuanya, iklas pada saat diberi kesusahan juga, namun terkadang ikhlas itu lumayan sulit untuk dipraktekkan….tapi bukan berarti ga bisa cz kadang keikhlasan itu timbul tanpa kita sadari juga loh……

    thax for ur comment

  17. astri berkata

    tolong berikan solusi, bagaimana menghilangkan sifat kekanak – kanak an dalam diri seseorang? apakah perlu sifat seperti itu dimiliki oleh orang seusia 24 tahun,.. terimakasih

    • chow berkata

      setiap orang punya karakter yang khas. mungkin kekanak-kanakan adalah salah satu sifatnya. n memang sulit untuk menghilangkan sifat kekanak-kanakan cz ntu udah karakternya. disini mba astri yang harus lebih ekstra mengerti n ekstra sabar menghadapi sifatnya tsb.
      sukses ya mba

  18. Irvan berkata

    ih waw….

  19. hani ajah berkata

    aq bersyukur dapat baca blogmu apalagi tentang tips di atas…
    hari ini q memang lg merasa down bgt, ap alhmdlh..stelah bca tips di atas agak lega.
    entah kenapa q merasa sangat tergantung denagn seseorang yang aq sayangi. jadi saat dia berubah sikap misalnya cuekin aq, jadinya q seperti ini…
    pokoknya makasih banget.

    • Chow berkata

      Alhmdlh bila tulisan sy brmnfaat untk anda, N sy sgt brtrmaksh anda sdh mmbca bl0g sy, Baarakaallahu:-):-)

  20. YA TUHAN MEMBERI BATASAN COBAAN UNTUK KITA, tenang saja, JANGAN MENYERAH ..oi..

    • ahmad balumbang berkata

      tolong beri tahu cara agar kita berani mengungkapkan isi perasaan kita kepada ce……………

  21. Bambang Yoga Perdana berkata

    agar kita bisa tenang, satu yang tak kalah pentingnya adalah selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Esa.

  22. arigato berkata

    Dekatkan diri denganAllah jgn lupa.lagi tenang..muzik yang plg bagus mengaji, sume tu dugaan sblm kita mendapat yang lbh baik

  23. ayu berkata

    blognya bagus…
    kata2nya juga enak buat dibaca…
    sederhana n bermanfaat…
    mg dari sini orang orang diluar sana jadi tentram hatinya, sehingga tercermin tenang di setiap tingkah laku dan bersikap, lalu jadi penenang buat keluarganya, kalo 1 keluarga tenang, maka dpt jadi penenang keluarga-keluarga yang lain, terus tenang masyarakatnya, kl 1 masyarakat penenang masyarakat yang lain, jadi tenang dan damailah negara kita tercinta ini…
    amin.

  24. Zie zie berkata

    Klu aq biasanya mkn trus tdr.klu lg bnyk duit ya shopping

  25. hendi subarman berkata

    bagus juga tuh tipnya ..saat seperti ini perlu dibaca orang banyak supaya tidak banyak orang Stresss…

    • Chow berkata

      makasihhhh……..semoga benar-benar bermanfaat

  26. oyon masivers berkata

    yam pun ternyata isi yang ada di buku bhsa indonesia saya sama ada di sini,,hha
    selain itu apa lagi,?????

  27. dodie berkata

    ijin ngopi n makai kang ????????

  28. hadi berkata

    SiiiiiiiiiiiiiiiiPPPPPPPPPPPPPPPPPPPppppp………………,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  29. sip….keren!

  30. @aji berkata

    saran yg baguussdan bermutuuu hihihi

  31. nova berkata

    bermanfaat sekali… terimakasih …

  32. ratih triani berkata

    dan tetaplah bersabarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr
    allah psti melindungi orng yg sbar ,

  33. selalu bersyukur,trima apa adanya saja dan berusaha..

  34. tidung berkata

    infonya pas banget

  35. niam berkata

    ala bidzikrillahi tatmainnal qulub (tidaklah tenang hati seseorang kecuali dengan mengingat Allah)

  36. Ahmad Ruhdiyat berkata

    kalo mau tenang mah ya dengan mengingat allah ,dan berwudhu,.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: